Sulit, Tak Kaitkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan Meikarta

Koordinator Investigasi Centre for Budget Analisys (CBA) Jajang Nurjaman menyatakan, sulit untuk tidak mengaitkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dengan mega proyek Meikarta, milik Lippo Group. Bahkan, dia menduga proyek infrastruktur tersebut didorong oleh Lippo Group.

"Ada kaitan proyek pemerintah kereta cepat Jakarta-Bandung, dengan Lippo Group dalam hal ini mega proyek Meikarta. Sulit untuk menampik tidak ada kaitan sama sekali, setidaknya dari sisi bisnis," kata Jajang kepada wartawan di Jakarta, Rabu (23/08/2017).

Mega proyek Meikarta, menurut dia, otomatis akan terkoneksi dengan beberapa proyek strategis pemerintah Jokowi. Yakni kereta api cepat Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, serta pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek.

"Yang jelas Lippo Group dengan proyek Meikarta, terang-terangan mendompleng atau memanfaatkan proyek strategis pemerintah dan pastinya akan menikmati limpahan keuntungan ke depannya," tandas dia.

Sebenarnya, kata dia, yang patut dikritisi dari proyek strategis pemerintah Jokowi itu adalah bagaimana nilai manfaatnya bagi masyarakat luas, khususnya wilayah yang dilalui jalur proyek.

"Bukan malah menguntungkan segelintir kelompok tertentu," sindirnya. [tsc]









Subscribe to receive free email updates: