BAZNAS Ajak Konsumen 212 Mart Belanja Sambil Kurban



Jelang pelaksanaan Idul Qurban 1438 H, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengajak konsumen 212 Mart untuk berbelanja sambil berkurban. 212 Mart adalah minimarket milik Koperasi Syariah 212 yang didirikan oleh para tokoh Islam nasional yang merupakan para penggerak dan massa Aksi 212 tahun lalu. 

Ketua Panitia Kurban BAZNAS Julita Nurmasari mengatakan, pihaknya menggandeng 212 Mart dengan tujuan untuk memudahkan para alumni Aksi 212 dan masyarakat umum untuk menyalurkan kurban mereka ke daerah-daerah yang membutuhkan. Hingga saat ini 212 Mart telah memiliki 14 gerai minimarket di Jabodetabek.

Julita mengungkapkan, masa kerja sama program ini adalah dimulai 22 Agustus hingga 2 September 2017 mendatang. Untuk harga kambing atau domba ditetapkan senilai Rp2,5 juta. Sementara untuk sapi senilai Rp17,5 juta. 

“Mekanisme pembayarannya adalah donatur mengisi formulir kurban, kemudian menyerahkan formulir dan memberikan dana kurban ke kasir 212 Mart. Kemudian kasir menginput pembelian hewan kurban dan menyimpan formulir kurban donatur,” kata Julita saat menggelar konferensi pers di gerai minimarket 212 Mart di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa sore (22/08/2017). 

Setelah itu, lanjut Julita, kasir memberikan struk penerimaan dana kurban dan flyer kurban ke donatur. 

“BAZNAS mengirimkan laporan kurban yang berisi informasi lokasi pemotongan hewan dan dokumentasi hewan kurban ke email dan alamat rumah donatur maksimal 14 hari setelah hari pemotongan hewan kurban,” ujarnya.

Keunikan dari kurban yang diselenggarakan Baznas dan Mart 212 ini, kata Julita, hewan kurban akan dibeli langsung di lokasi tempat pemotongan. Rencananya BAZNAS akan mendistribusikan hewan kurban ke sekitar 123 desa dhuafa di 23 provinsi di Indonesia. 

“Hewan kurban dibeli langsung dari peternak di desa dan langsung dipotong dan disalurkan di desa tersebut. Sehingga penjualnya, peternak hewan tersebut, juga akan ikut merasakan daging kurban,” jelas dia. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Koperasi Syariah 212 Ahmad Juwaini mengapresiasi program kurban yang diinisiasi BAZNAS. Kurban Berdayakan Desa yang menjadi tagline Baznas, dinilainya merupakan bentuk kebaikan dan amalan yang bagus. 

“Patut kami mendukungnya dengan ikut memfasilitasi transaksi pembeliannya. Kami masukkan catatan pembelian kurban dalam sistem pembelian kami,” kata Juwaini. 

Juwaini mengakui, untuk tahun ini 212 Mart masih hadir di kawasan Jabodetabek. Sehingga pekurban yang dapat dilayani baru umat Islam di kawasan ini. Karena itu ia membuka diri kepada umat Islam yang akan bekerja sama membuka 212 Mart yang akan memberikan manfaat dan keuntungan antara kaum Muslimin dan pihak mitra. 

“Mudah-mudahan bisa melayani masyarakat yang akan berkurban dengan sebaik-baiknya. Semoga semakin banyak manfaatnya bagi masyarakat dan berkah. Sekaligus amalan tambahan pada hari raya kurban dan tasyrik,” pungkasnya. 

Subscribe to receive free email updates: